IK Blog adalah Blog yang mengulas beberapa tutorial, tips trik, pengetahuan, download, dan software, hingga Pelajaran sekolah.

Tradisi Syawalan Di Kota Pekalongan

Keyword : Tradisi Syawalan Di Kota Pekalongan - Tradisi Krapyakan - Tradisi Lopisan Kota Pekalongan - Tradisi Pemotongan lopis raksasa - Tradisi Balon Plastik Syawalan - Tradisi Balon Kertas Syawalan.

Sebelumnya, kita harus mengerti dulu Apa sih Syawalan itu ? Syawalan adalah sepekan/seminggu setelah hari raya Idul Fitri.

Lupis KrapyakDan kali ini IK Blog akan membahas tentang Tradisi Syawalan Di Kota Pekalongan.

Apa saja sih yang dilakukan warga Kota Pekalongan dalam merayakan tradisi Syawalan ini ?

Pada saat hari Syawalan, warga Kota Pekalongan beramai-ramai merayakan Tradisi turun temurun ini dengan menghadiri pemotongan Lupis raksasa. Tidak hanya Lupis saja, hampir seluruh desa dan kelurahan di Kota Pekalongan ikut meramaikan tradisi ini dengan menerbangkan balon plastik ataupun kertas yang diberi gantungan berupa petasan ukuran kecil sampai besar atau yang disebut dengan Gong.

Pemotongan Lupis Raksasa

Lupis Raksasa ? Dikatakan Lupis Raksasa karena memang ukurannya besar sekali. Kalau dibandingkan dengan lupis biasa, mungkin ratusan kalinya ukuran lupis biasa. Acara ini setiap tahunnya pasti ada dan tidak hanya ditunggu-tunggu warga Kota Pekalongan saja, namun hingga warga luar Kota Pekalongan. Acara Pemotongan Lupis Raksasa berlangsung di kelurahan Krapyak Kota Pekalongan. Menurut kepercayaan warga, setelah memakan Lupis ini dipercaya mendatangkan berkah dan rezeki serta mendekatkan jodoh. Lupis ini setiap tahunnya, ukurannya bertambah besar. Puncak acara ini adalah ditandai dengan pemotongan lupis oleh Muspida dan Tokoh Masyarakat Pekalongan.Setelah diberi doa oleh seorang ulama setempat lopis raksasa tersebut lansung menjadi rebutan ribuan warga.

Penerbangan Balon



Balon disini bukan balon Udara yang bisa ditumpangi, tetapi balon yang diisi asap hitam dan digantungi petasan. Acara ini juga menjadi primadona di Kota Pekalongan ketika Syawalan. Dimulai dari jam 6 kurang, langit di Kota Pekalongan sudah ramai dengan balon-balon dari beberapa desa dan kelurahan di Kota Pekalongan. Dan suara petasan sudah mulai terdengar pada waktu itu. Balon ini ada yang dibuat dengan plastik yang biasa untuk persawahan dan ada yang dibuat dengan kertas yang biasa dipakai untuk membuat Layang-layang. Acara ini juga menjadi acara yang ditunggu-tunggu warga Pekalongan, dari anak-anak kecil sampai orang tua ikut meramaikan penerbangan balon ini. Yang ditunggu-tunggu dari balon ini terutama adalah suara Petasannya yang menggelegar. Selain itu, desain dari balon kertas yang indah juga menjadi hal yang ditunggu-tunggu.

Inilah gambar-gambar Balon Syawalan Kota Pekalongan :

Balon PlastikBalon KertasPetasan

Sekian Ulasan saya tentang Tradisi Syawalan Di Kota Pekalongan - Tradisi Krapyakan - Tradisi Lopisan Kota Pekalongan - Tradisi Pemotongan lopis raksasa - Tradisi Balon Plastik Syawalan - Tradisi Balon Kertas Syawalan.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Budaya / Tradisi dengan judul Tradisi Syawalan Di Kota Pekalongan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://irman-kurniawan.blogspot.com/2012/11/tradisi-syawalan-di-kota-pekalongan.html. Anda dapat memberi komentar terhadap artikel ini pada menu 'Komentar' atau KLIK DISINI ! Terima kasih!
Ditulis oleh: Irman Kurniawan - Sabtu, 17 November 2012